Musyawarah Kedusunan ( MUSDUS ) kampung Cikuya

Ikuti Kami

10 Desember 209. Musyawarah dusun atau biasa disebut Musdus adalah salah satu tahapan dari rangkaian proses perencanaan pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat. Musdus merupakan agenda yang wajib dilaksanakan selain sebagai sarana silaturahmi aparatur pemerintah kampung kepada masyarakat, juga agar pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan ditahun kedepannya tepat sasaran dan berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

Musdus kali ini dilaksanakan di RW 01 Kampung Tri Tunggal Jaya, yang bertempat disalah satu ruko milik warga RW 01. Hari Sabtu (malam Minggu) tanggal 08 Desember 2018 yang dimulai pukul 19.30 WIB, merupakan  waktu pelaksanaan Musdus di RW 01.  Agenda musdus dilakukan setiap hari Sabtu (malam Minggu), dimulai pada tanggal 1 Desember 2018 sampai tanggal 22 Desember 2018 yang dilaksanakan merata dari RW 01 sampai RW 04 kampung Tri Tunggal Jaya.

Juru Tulis Kampung Sedang Memberikan Sambutan dan Arahan (dok. : desa.id by. Koteng)

Kegiatan musdus ini dihadiri oleh Kepala Kampung, Juru Tulis Kampung, staf aparatur pemerintah kampung, Ketua BPK beserta anggota, Ketua RW 01, Ketua RT 01 sampai RT 04, dan seluruh masyarakat dilingkungan RW 01. Para peserta sangat antusias dalam musdus kali ini terbukti dengan semangatnya masyarakat dalam menyampaikan beberapa saran dan tempat yang perlu dibangun infrastruktur serta aparatur pemerintahan kampung menjawab semua aspirasi masyarakat dengan penuh kejelasan dan keterbukaan.

Salah Satu Peserta Berdiskusi dengan Aparatur Pemerintah Kampung ( Dok. : desa.id by. Koteng)

Musyawarah dusun kali ini banyak membahas tentang peningkatan infrastruktur, baik dari peningkatan jalan, pembukaaan jalan baru, pembangunan gorong – gorong, dan pembangunan. Adapun semua usulan dari masyarakat yang hadir yaitu :

Pembukaan Jalan di jalur 2 sebelah timur.

Pembangunan Jalan Onderlagh sepanjang 1.600 meter.

Pembangunan Gorong – gorong di beberapa tempat.

Pembangunan Drainase sepanjang 400 meter.

Pembangunan Sumur Bor.

Pembangunan Talud sepanjang 60 meter.

Pengadaan kelengkapan sarana dan prasarana ibadah dan pagar masjid.

Pembangunan Gardu pos ronda.

Pengadaan pakaian kesenian tari Kuda Lumping, dan

Pemberian Saran agar semua Infrastruktur yang telah dibangun dapat dirawat dengan baik.

Semua yang disampaikan oleh masyarakat selaku peserta, ditampung oleh aparatur pemerintahan kampung dan akan didiskusikan kembali pada acara MusrenbangKam setelah rangkaian acara musdus dari RW 01 sampai RW 04 selesai dilaksanakan. Kepala Kampung beserta Aparatur Pemerintahan Kampung akan menyeleksi semua usulan masyarakat yang telah disampaikan guna menjadikan pembangunan menjadi tepat sasaran, terprioritas dan dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat ditahun kedepan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan