Potensi Pertanian Di Desa Sindangasih”Tanah penggerak asa”

Ikuti Kami

Sindangasih.desa.id-Ekonomi dikampung Cieceng Desa Sindangasih Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya berangsur-angsur membaik. Setelah sebelumnya pada tahun 1999-2006 mengalami krisis ekonomi karena minimnya pekerjaan, dan kurangnya lahan pertanian.

Menurut salahsatu masyarakat minimnya pekerjaan, dan kurangnya lahan pertanian terjadi karena adanya monopoli dari pihak perkebunan yang ada didesa Sindangasih agar masyarakat tetap bekerja diperkebunan. Sampai pada dimana masyarakat mengetahui bahwa HGU (Hak Guna Usaha) perkebunan sudah habis. Masyarakat pun melakukan penguasaan dengan cara menduduki dan menggarap lahan eks perkebunan yang menyebabkan terjadinya konflik antara pihak perkebunan, dan masyarakat. Setelah pihak perkebunan pergi, masyarakat mulai memanfaatkan tanah untuk bercocok tanam, sarana pendidikan, dan pemukiman warga.

Pemanfaatan tanah untuk bercocok tanam berdampak sangat besar bagi kemajuan masyarakat terutama dalam bidang ekonomi, dan pendidikan. Seperti penanaman tanaman pangan yang cukup untuk memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat, dan penanaman tanaman rempah yang juga dapat dijadikan usaha untuk memenuhi kebutuhan lain. Begitupun dengan pemanfaatan tanah untuk sarana pendidikan. Dengan adanya sarana prasarana masyarakat tidak perlu jauh-jauh menyekolahkan anaknya keluar daerah dengan biaya besar. Terkecuali jika anak-anaknya ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.

(AYI RIJKI SMK DH )

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan