Kesenian Dongkol Desa Sindangasih Di Akui Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya

Ikuti Kami

Drs Dedi Abdullah KASI KEBUDAYAAN Kabupaten Tasikmalaya

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten qTasikmalaya melakukan verifikasi kekayaan seni di Desa Sindangasih. Verifikasi dilakukan atas pengajuan Ketua Kesenian Dongkol di desa Sindangasih Ke dinas Pendidikan dan kebudayaan.
Kesenian yang ditinjau yakni, Dongkol sebuah perpaduan antara Lodong dan kohkol
“Banyak aneka ragam kesenian yang ada di kabupaten Tasikmalaya Karena, kedudukan kesenian Lodong dan kohkol sangat antiK sudah sepantasnya mendapat perhatian serius dari Dinas Kebudayaan Kemendikbud,” kata Drs Dedi Abdullah KASI KEBUDAYAAN ditemui di sela sela Tanya Jawab Tim Verifikasi Dirjen Kebudayaan, Kamis (25/01/2018)

Stap dan Para Kabid Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya

“Itulah sebabnya, tim verifikasi datang ke Desa Sindangasih untuk melakukan pembuktian dan verifikasi terhadap keberadaan kesenian yang ada di desa Sindangasih,” ungkapnya.
Menurut Pak Kabid Kebudayaan hasil verifikasi ini nantinya akan dibawa ke kepala Dinas untuk dijadikan bahan apakah masuk atau tidak nya sebagai kesenian di Kabupaten Tasikmalaya.
Bapak Tarli (Ketua Tim Kesenian Dongkol) mengatakan Kedatangan Tim Verifikasi ini membawa angin segar bagi Guru kesenian yang ada di desa Sindangasih karena menandakan bahwa kesenian ini sudah mulai di akui oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Tasikmalaya.
“Walau seadanya dan kondisi listrik mati kami tidak patah semangat untuk menampilkan yang terbaik dan ini menjadi musik tradisional yang di sajikan secara original tanpa listrik atau pengeras suara “Ujarnya.
Kami berharap kesenian dongkol bisa menjadi wakil dari Desa Sindangasih Cikatomas untuk tampil di kabupaten Tasikmalaya.

 

Penulis : Roni Amaruloh

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan