POTENSI ALAM GUNUNG BATU, Sindangasih, Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat

Ikuti Kami

Potensi Gunung Batu

 

salah satu batu yang berukuran 20×30 cm/Aang Hamzani.

Sindangasih.desa.id-Di Kecamatan Cikatomas, Desa Sindangasih, Kampung Mekarharuman terdapat beberapa objek tempat wisata salah satunya Gunung Batu. Selain gunungnya terdiri dari bebatuan, di dalam gunung tersebut terdapat beberapa bentuk batu yang cukup unik, salah satunya ada yang membentuk seperti benteng dengan ketinggian sekitar 40 meter dan ada juga bbatu panjang dengan ukuran sekitar 2ox30 meter. Akan tetapi masih belum diketaui apakah batu-batuan yang berukuran 20×30 cm  tersebut sengaja dibentuk oleh orang di zaman dulu, apakah itu memang faktor alam.?

Minggu (15/10) Bapak Aang Hamzani selaku penduduk setempat mengatakan bahwa ” sejarah Gunung Batu ini masih menjadi misteri, tapi mungkin sesepuh Gunung Batu tau akan sejarah itu. Konon Gunung Batu terbentuk di masa kerajaan Islam

kunjungan perangkat Desa awal September 2017/Aang Hamzani.

atau Hindhu Budha, ini terbukti dengan di temukannya batu yang menyerupai bentuk Qur’an dan pistol yang terletak tidak jauh dari benteng batu. Selain itu, di puncak gunung di temukan dua kuburan yg di tandai dengan pohon hanjuang dan kumpulan batu yang sering di gunakan sebagai tanda kuburan. Namun, hal ini masih saja menjadi misteri ”. Awal September 2017, Gunung Batu pertama kali mendapatkan kunjungan dari perangkat desa Sindangasih.

Gunung Batu yang terletak di tengah-tengah Kampung Mekarharuman dengan ketinggian sekitar 429 meter dari permukaan laut. Gunung Batu di Kampung Mekarharuman Desa Sindangasih ini belum dikelola secara resmi sebagai salah satu destinasi wisata di cikatomas. Di kaki gunung hanya terdapat kebun-kebun warga setempat. Akan tetapi, di tempat ini terdapat banyak sekali hal-hal yang dapat memacu adernalin.

Berdasarkan penuturan Bapak Aang Hamzani, Jika ingin berkunjung memasuki wilayah Gunung Batu, seorang pengunjung harus ditemani oleh warga setempat, karena mereka yang akan menuntun ke tempat-tempat yang mungkin belum pernah di lihat dan dirasakan. Adapun kondisi masyarakat disana tidak semuanya tahu bahwa ada keistimewaan di Gunung tersebut dan tersimpan banyak misteri, dan warga sekitarpun hanya beberapa orang yang kenal dan faham kondisi di Gunung Batu tersebut. Sedangkan  warga yang lainnya hanya berkebun di bawah kaki gunung dan jarang ada warga yang masuk ke dalam Gunung Batu.

 

Redaksi          : Aang Hamzani

Redaktur        : Saeful Indrawan

Tim                  : Hera Helmi, Lisda Nurhasanah, Robi Firdaus, Windi Widya Ningsih.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan