PELATIHAN INTERNET DESA UNTUK MENYAMBUT DESA IT DI DESA SINDANGASIH CIKATOMAS

Ikuti Kami

    foto kegiatan pelatihan internet desa (Agus/Sinagar)

Sindangasih.desa.id-Sabtu 14/10/2017 Dalam rangka menyambut IT desa (Desa Internet)  tim perencanaan desa, beserta semua perangkat desa mengadakan pelatihan dasar jurnalistik dan kearifan lokal untuk menggali potensi yang ada, serta pengembangan WEBSITE Desa Sindangasih, yang di selenggarakan pada tanggal 14 – 15 Oktober 2017 di Aula Desa Sindangasih.

Kegiatan ini melibatkan siswa/siswi dari SMK, SMPI Darul Hikmah dan MA, MTs Cikuya serta pemuda/pemudi yang ada di Desa Sindangasih. Program ini di harapkan agar para peserta mampu menjadi pelopor tentang cara menggunakan internet yang baik, untuk meminimalisir penyalahgunaan internet yang berakibat pada pembodohan penggunanya. Bapak Abdul Halim Amaruloh (15/10/2017) selaku Kasi Pemerintahan sekaligus Ketua Tim IT menuturkan bahwa :

”  Kegiatan ini tidak hanya untuk dua hari ini saja, namun akan ada tindak lanjut dalam pengelolaan IT Desa, salah satunya dalam pengembangan WEB Desa. Adapun tujuan di adakan kegiatan ini merupakan suatu program pemerintah untuk memberantas buta internet di daerah pelosok negeri, serta untuk mengenalkan potensi yang ada di Desa Sindangasih agar menjadi daya jual khusunya di wilayah Kab. Tasikmalaya”. 

foto saat proses wawancara berlangsung (Amalia/Cikuya)

Tim penyusun juga menanyakan tentang desa mana saja se Kab. Tasikmalaya yang sudah mendapatkan program IT Desa.
“Baru Enam desa yang saat ini sudah mendapatkan program IT tersebut, yaitu: Desa Papayan, Desa Kertarahayu, Desa Mandalahurip, Desa Mandalamekar, Desa Ciwarak, dan Desa Banyuresmi. Untuk Desa Sindangasih sendiri pada saat ini hanya tinggal menunggu tower internet desa, namun terhambat oleh akses jalan dikarenakan sedang ada perbaikan jalan program PISEW di Kp. Cikuya. Adapun jalan alternatif lain, akan tetapi kondisi jalan tersebut tidak memungkinkan untuk dilalui”. Ujarnya.

Walaupun IT desa belum terpasang, namun kegiatan ini sangat perlu dilakukan agar tepat sasaran. Sistem yang akan diterapkan nantinya akan ada disetiap wilayah atau kedusunan sehingga semua masyarakat dapat mengakses internet secara gratis. Untuk menanggulangi kekhawatiran yang akan terjadi sesuai dengan perkataan Bapak Zenal Mutaqin selaku ketua BPD Desa Sindangasih (14/10/2017) Desa Sindangasih :

” Internet itu seperti pisau yang seharusnya digunakan untuk memotong sayuran, tetapi jika salah penggunaan maka akan melukai tangan kita”.

Maksudnya internet itu harus di manfaatkan secara positif bukan hanya sebatas hiburan semata.

 

 

 

Redaksi     : Aang Hamzani

Redaktur  : Azis Irfa Fauzi

Tim            : 1. Sri Ayu Eka Sopyani

2. Desi Fitri Komalasari

3. Neng Amalia Lestiawati

4. Agus Reva

5. Rian Maulana

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan