Peringati Tahun Baru Islam 1439 H , Warga Desa Sindangasih Lakukan Pawai Obor Dan Tabligh Akbar

Ikuti Kami

Foto peserta pawai obor berkumpul di Alun Alun Desa Sindangasih

Sindangasih.desa.id- Ribuan warga Desa Sindangasih Kecamatan Cikatomas mengikuti pawai obor untuk Memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1439 Hiriyah, Kamis (21/9) malam. Pawai obor tersebut dilaksanakan semua lapisan masyarakat. Peserta pawai obor didominasi anak-anak, remaja dan pemuda.

Pantauan penulis , Kamis(201/9) malam, pawai obor diikuti ratusan anak-anak, remaja dan pemuda. Pawai obor tersebut dimeriahkan juga dengan konvoi mobil hias bernuansa Islami dari setiap rukun tetanga (RT).

Foto Aneka Kreasi seni Meriahkan Pawai obor

Peserta pawai obor di Desa Sindangasih Kecamatan Cikatomas  berjalan kaki sepanjang satu kilometer dari kantor Desa Sindangasih Kecamatan Cikatomas, ke simpangan jalan bungursari –tenjolaya dan kembali lagi ke kantor Desa Sindangasih .

 

 

MajelisUlama Indonesia DesaSindangasihBapak

    Sambutan Ketua MUI Desa Sindangasih bapak Aj Usep Rusman sekaligus pembukaan pawai obor dan tabligh akbar

Usep Rusman (54), mengatakan kegiatan ini memang Pertama kali dilakukan di Desa Sindangasih Kecamatan Cikatomas yang memiliki Tujuan Yaitu mengingatkan generasi muda, jika Islam juga memiliki tahun baru.

 

“Kami mengadakan peringatan 1 Muharram 1439 Hijriah, yang mana kami telah mengadakan acara ini berkelanjutan. Tiap tahun  kedepan nya kami lakukan acara ini untuk menggugah generasi muda kita bagaimana mengingat Islam itu ada tahun barunya,” ujarnya di depan Aula Desa Sindangasih , Kamis (21/9/2017).

Pemberian Piala Oleh Bapak Aj Nono N (Sekretaris MUI ) kepada Kepala Wilayah Tenjolaya Bapak Abdul Hakim

Bukan hanya melakukan kegiatan pawai obor, panitia juga mengadakan perlombaan yang dikhususkan untuk anak-anak di Aula Kantor Desa Sindangasih

“Kami juga melakukan perlombaan untuk anak-anak seperti membaca surat pendek Alquran, dan Pidato dari setiap Perwakilan  kampung di desa Sindangasih  ini,yang nanti nya menjadi wakil ke tingkat Kecamatan Cikatomas” ungkap Usep R.

 

 Tabligh  Akbar
Sementara itu Wakil MUI Desa Sindangasih Bpk Aj Asep Eri ZA,  membuka Tabligh  Akbar Tahun Baru Islam,  1 Muharram 1439 Hijriyah di , Aula Desa Sindangasih , Kamis (21/9/2017).

Bpk Aj Asep Eri ZA pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan pawai obor, dan Tabligh  Akbar  selain sebagai budaya

Foto Ustadz Umar Nasir dalam Tabligh Akbar

dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, juga sebagai bentuk kebahagian masyarakat menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah. Melalui pawai obor, dan Tabligh  Akbar  juga diharapkan jalinan harmoni kehidupan masyarakat di Desa Sindangasih semakin baik, sehingga kerukunan umat beragama semakin meningkat.

Foto Masyarakat Desa Sindangasih mengikuti Tabligh Akbar

“Makna dibalik obor adalah spirit (semangat) bagi masyarakat ,terutama kaum Muslimin agar bisa menjalani kehidupan yang lebih baik lagi pada tahun mendatang. Semangat pawai obor juga dapat meningkatkan amal ibadah kita, rasa persaudaraan, sehingga kita bisa meningkatkan perbuatan baik untuk menolong sesame dan membangun daerah,”katanya.

Sedangkan pada puncak Acara  Tahun Baru Islam di Desa Sindangasih, Kamis (21/9) diadakan tabligh h akbar di Aula Desa Sindangasih, menghadirkan penceramah Al-Ustadz dari setiap Wilayah di Desa Sindangasih..( [141]webdesaid/Roni Amarloh)

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. KENTALNYA BUDAYA PESANTREN DI DESA SINDANGASIH TAK TERKIKIS OLEH ZAMAN – Desa Sindangasih

Tinggalkan Balasan