MONEV PEMBANGUNAN DANA DESA TAHAP I DESA SINDANGASIH

Ikuti Kami

sindangasih.desa.id.- Salah satu aspek yang sangat penting dalam menjaga akuntabilitas penggunaan dana desa, adalah “ Monitoring dan Evaluasi Dana Desa”. Hal ini akan dilakukan melalui mekanisme pelaporan secara berjenjang antar tingkat pemerintahan. Monitoring dan evaluasi dana desa dilakukan baik oleh Pemerintah kecamatan dan Kabupaten Ponorogo, Kepala Desa.

 

Pada hari Rabu tanggal 12 juli 2017 bertempat d desa sindangasih dilaksanakan Monitoring dan Evaluasi Dana Desa Tahap I Tahun 2017, adapun kegiatan dimaksud bertujuan untuk memantau sejauh mana penyaluran Dana Desa serta perkembangan pelaksanaan kegiatan fisik dan pelaporannya.  kegiatan tersebut di laksanakan oleh Tim Monev muspika kecamatan Cikatomas yang di pimpin oleh Sekretaris Kecamatan Ibu Dede Martini S.Ag.

Dalam pengarahan Tim Monev bahwa Dana Desa yang sangat besar bagi setiap desa tersebut, harus dikelola secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara benar. Sesuai dengan UU Nomor 6 tahun 2014, telah menempatkan Kepala Desa sebagai pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan tertinggi di desa. Besarnya tanggung jawab pengelolaan keuangan desa tersebut, harus diikuti dengan peningkatan kapasitas atau kemampuan para Kepala Desa/perangkat desa tentang pengelolaan keuangan. Karena itu, ada dua kegiatan yang mutlak perlu dilakukan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, yaitu:

Pertama, melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana anggaran masing-masing desa yang telah di tuangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2017.Kedua, mempertanggungjawabkan keuangan yang telah diserap sesuai dengan kegiatan agar tidak terjadi penyimpangan pengelolaan keuangan desa.

Selanjutnya ketika di konfirmasi webdesaid ibu Dede Martini S.Ag mengatakan “Secara umum berdsarkm hasil monev pihak Muspika hari ini, semua sesuai dengan prosedur yang berlaku.proses pelaksanaan pembangunan sudah sesuai perencanaan..tapi alangkah baiknya jika pihak pemerintah desa juga melakukan monev awal sblum monev dari muspika/kecamatan supay ada evaluasi secara bertahap dari semua pihak mengenai kinerja TPK di masing masing desa, jadi kecamatan sebelumnya sudah ada gambaran melalui laporan hasil monev dari pemerintah Desa sebagaimana halnya Kecamatan Cikatomas
0

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan