PEMASANGAN BALIHO APBdes BENTUK TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PEMERINTAH DESA SINDANGASIH DALAM MENGELOLA KEUANGAN DESA

Ikuti Kami

APBDes Desa Sindangasih
Foto APBdes Desa Sindangasih/foto by Isep Riswandi

Sindangasi.desa.id  -Sejumlah Desa di Kabupaten Tasikmalaya sejak sebulan terakhir melakukan pemasangan baliho APBDes di depan kantor desa masing-masing. Hal itu dilakukan untuk menunjukan transparansi pengelolaan APBDes kepada masyarakat.

Salah  satu dari sejumlah desa di wilayah kecamatan Cikatomas  yang sudah memasang baliho pengelolaan APBDes yakni Desa Sindangasih. Dalam baliho berukuran 2 x 2,5 m2 yang dipasang di depan kantor desa dan  dituangkan secara rinci soal besaran dan sumber pendapatan, pembiayaan serta belanja desa selama 2017.

Pemasangan baliho ini dilakukan sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh pendamping desa  dan Peratuaran bupati Tasikmalaya .. “Semua desa dianjurkan untuk memasang baliho tersebut dan Sejauh ini masih ada beberapa yang belum memasang karena APBDesnya belum disahkan,”

Dipaparkan Sekretaris Desa Sindangasih  Bapak Eli Nurdin, dalam baliho yang dipasang tersebut Pemerintah Desa mencantumkan semua sumber pendapatan desa diantaranya dari Pendapatan Asli Desa (PADes), Bantuan Provinsi (BANPROV),  Bagi Hasil Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB) Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) maupun Bantuan Keuangan Khusus (BKK). Demikian juga dengan besaran SILPA tahun sebelumnya serta besaran belanja desa tahun ini dimuat dalam baliho tersebut secara terperinci. “Tujuannya supaya masyarakat bisa tahu sejauh mana pengelolaan anggaran di desa. Ini sebagai wujud transparansi kepada masyarakat,” jelasnya.

Dikarenakan APBDes berlaku selama setahun maka tentunya baliho tersebut akan terus diperbaharui setiap tahunnya. “Selama ini memang tidak ada masyarakat yang menanyakan penggunaan anggaran di desa. Namun sesuai anjuran pendamping desa, seluruh pendapatan dan penggunaan anggaran desa ini wajib dituangkan sebagai wujud transparansi kepada masyarakat,” imbuhnya.

Foto APBdes Desa Sindangasih/foto by Isep Riswandi

http://www.faktapers.com/menteri-desa-kades-wajib-pasang-baliho-alokasi-dana-desa.html

https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=9&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjKuaq73LrUAhVIuI8KHaj4BFkQFghQMAg&url=http%3A%2F%2Fwww.faktapers.com%2Fmenteri-desa-kades-wajib-pasang-baliho-alokasi-dana-desa.html&usg=AFQjCNHywim-eHUKerV5qVwIwbAtjOn0Iw&sig2=r0TbD6X80rtI2R2uZ9ROBw

APBDes Desa Sindangasih

Pemasangan baliho tersebut merujuk kepada Akuntabilitas, Transparansi, dan Responsivitas

Akuntabilitas berarti pertanggungjawaban pemerintah desa dalam mengelola keuangan desa sesuai dengan “amanah” dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Bertanggungjawab berarti mengelola keuangan dengan baik, jujur, tidak melakukan penyelewengan dengan semangat “Desa Membangun Bersama rakyat”. Semangat ini perlu dipelihara di desa.

Transparansi berarti pemerintah desa mengelola keuangan secara terbuka, sebab keuangan itu adalah milik rakyat atau barang publik yang harus diketahui oleh masyarakat. Pemerintah desa wajib menyampaikan informasi secara terbuka APBDES kepada masyarakat. Keterbukaan sama dengan akuntabilitas. Keterbukaan akan meningkatkan kepercayaan dan penghormatan masyarakat kepada pemerintah desa. Demikian sebaliknya.

Responsivitas pengelolaan keuangan berarti daya tanggap pemerintah Desa,Tim  Perencanaan Desa dan BPD terhadap kebutuhan masyarakat yang  perlu didukung dengan pendanaan. Tentu saja tidak semua kebutuhan masyarakat akan didanai karena begitu banyaknya kebutuhan masyarakat. (Abd Halim amr/webdesa.id)

1 Trackback / Pingback

  1. POTENSI PERTANIAN DESA SINDANGASIH KECAMATAN CIKATOMAS – Desa Membangun

Tinggalkan Balasan