PEMBINAAN PEMERINTAHAN DAN ADMINISTRASI KEUANGAN DESA

Ikuti Kami

foto by Perangkat Desa Sindangasih
Foto by Perangkat Desa Sindangasih
Sambutan Kepala Desa Sindangasih pada Acara Pembinaan Administrasi Seluruh Aparatur Pemerintah Desa Sindangasih

sindangasih.desa.id — Senin 08 Mei 2017. Pkl. 08.00-13.30 WIB di Aula Desa Sindangasih Jln Kalpataru Kp. Bungursari Desa Sindangasih Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya. Muspika Kecamatan Cikatomas dan Pendamping Desa menggelar Pembinaan Pemerintahan Desa dan Pembinaan Administrasi Keuangan Desa. Pembinaan ini digelar berdasarkan Surat Keputusan Camat Nomor : 141/68/kec/2017 tanggal 01 April 2017 dan Surat Perintah Camat Cikatomas Nomor 800/69/kec/2017 Tanggal 03 April 2017 tentang Perintah dan Pembinaan Administrasi Desa.

 

Susunan Acara :

 

1. 08.00-08.30 Pengisian Daftar Hadir Abdul Halim Amaruloh Perangkat Desa
2. 08.30-09.00 Pembukaan Jenal Mutakin Ketua BPD Desa Sindangasih
3. 09.00-10.00 Sambutan

 

–   Kayat Sunaryat Kepala Desa Sindangasih
4. 10.00-11.00 –   Asep Gunadi A.Md, Camat Cikatomas
5. 11.00-12.00 –   Dede Martini. S.Ag, Sekmat Cikatomas
6. 12.00-12.30 Doa Tutup/Istirahat Aj. Dayat Tokoh Agama
7. 13.00-13.30 – Pemeriksaan Administrasi Desa

– Perifikasi Lapangan

1. Dede Martini. S.Ag,

2. Mamay Rumbiyati.

3. Hilman Yuliana. S.Sy

– Sekmat Cikatomas,

– Kasi Pemerintahan Cikatomas

Pemeriksaan Administrasi Keuangan Desa Sindangasih Oleh Kasi Pemerintaahan Kecamatan Cikaatomas Ibu Mamay Rumdianti

Ketua BPD Desa Sindangasih

Bapak Jenal Mutakin, selaku pemimpin acara mengatakan, pembinaan ini ditujukan kepada Perangkat Desa dan Lembaga Desa Sindangasih, khususnya Lembaga Desa yang terkait pembangunan tahun anggaran 2016 dan 2017.

 

Kepala Desa Sindangasih

Bapak Kayat Sunaryat, “saya ucapkan terimakasih kepada Muspika Kecamatan Cikatomas beserta jajarannya, Pendamping Desa Sekacamatan Ciaktomas, Perangkat Desa Sindangasih, Lembaga BPD, LPM, TPK, KPMD, MUI, RT/RW, Kader POSYANDU, Ibu-ibu TP-PKK, dan Ibu-Ibu PerwaDes Desa Sindanggasih, yang telah pro aktif mengikuti kegiatan pembinaan. Dalam hal ini saya berharap kegiatan Pembinaan Pemerintahan Desa dan Pembinaan Administrasi Keuangan Desa dapat meningkatkan kinerja Pemerintahan Desa lebih baik kedepannya”.

Sambutan Camat Cikatomas

Camat Kecamatan Cikatomas

Bapak Asep Gunadi A.Md, memaparkan Pembinaan dilakukan di setiap Desa di Kecamatan Cikatomas bertujuan untuk memeriksa administrasi Keuangan Desa pada tahun anggaran 2016 yang sudah dilaksanakan dan kelengkapan administrasi yang masih dalam tahap pengerjaan tahun anggaran 2017.

 

Dijelaskan, peserta pembinaan akan diberikan wawasan dan keterampilan tentang

  1. Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerinta Desa
  2. Kewenangan dan kewajiban Kepala Desa sebagai pemimpin dan penyelenggaraan pemerintahan Desa,
  3. Anggaran Pendapatan Desa (APBDes)
  4. Pengeluaran untuk pegawai,
  5. Pengeluaran pembangunan untuk kegiatan fisik tahun 2017,
  6. Pengelolaan kekayaan Desa, dan
  7. Pendataan barang inventaris Desa.

 

Sekmat Kecaamatan Cikatomas

Pemaparan Materi Pokok oleh Ibu Sekretaris Kecamatan Cikatomas

Ibu Dede Martini. S.Ag, memaparkan SOP pekerjaan dan kegiatan Desa serta menegaskan terkait kewenangan Lembaga BPD Desa Sindangasih.

 

“dalam pembinaan ini akan dibahas soal tupoksi cara mengengelola keungan Desa  supaya dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan transfaran,” terang Sekmat.

 

Sambutan Pendamping Desa Kecamatan Cikatomas

Pendamping Desa

Bapak Hilman Yuliana.S.Sy, memaparkan tentang anggaran Dana Desa Tahun 2017 “Dana Desa dapat dicairkan oleh Desa apabila Desa Sindangasih menyelenggarakan Musyawarah Kedusunan (MUSDus) dan Musyawarah Desa (MUSDes),” seraya menambahkan “setiap Desa berkewajiban ditahun 2018 membuat skala prioritas pembangunan seperti produk unggulan Desa, Embung Desa  BUMDesa dan Sarana Olah Raga Desa sekaligus Desa Berkewajiban memajang Papan Informasi APBDes dan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan serta mempersiapkan diri akan ada Insfektorat, KPK dan BPK  berkunjung ke des-desa memeriksa pelaporan pertanggungjawaban pelaksanan pembangunan Desa.”

 

Perifikasi Lapangan

Salah satu pembangunan yang langsung di perifikasi oleh tim Muspika Kecamatan Cikatomas adalah pelaksanaan pembangunan tahun anggaran 2016 dan titik yang akan di bangun pada tahun anggaran 2017 dari program Dana Desa diantaranya :

  1. Pembangunan Gedung RA Awalul Huda Kedusunan Mekarharapan Rt 008 RW 002, dan
  2. Pemberdayaan Peternakan Domba yang dipeliharan oleh Bapak Rohmat sebagai salah satu peserta Pelatihan Bidang Peternakan di Dusun Bungursari RT 011 RW 003.

 

Ringkasan Pemeriksaan

  1. Kinerja Kepala Desa Pada umumnya pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan Desa Sindangasih cukup baik,
  2. Kinerja Perangkat Desa yang ada di Desa Sindangasih telah menunjukan kinerja yang cukup baik sehingga pelayanan terhadap masyarakat dapat terlayani dengan baik.

 

Saran Pemeriksaan

  1. Kepala Desa Sindangasih agar sering mengevaluasi kepada Kaur Keuangan dan Bendaharaa Desa, dalam pengerjaan pelaporan pertnggungjawaban setiap bulan,
  2. Sekertaris Desa agar mendampingi Kaur Keuangan dan Bendahara dalam pengerjaan administrasi Keuangan Desa,
  3. Kaur Keuangan dan Bendahara agar pengerjaan administrasi keuangan sesuai dengan peraturan yang sudah di tetapkan, dengan tanggungjawab sebagai mana TUPOKSI, dan
  4. Tim Pengelola Kegiatan dalam pengerjaan pembangunan berjalan sesuai dengan perencanaan RPJMDesa dan RKPDesa.

 

 

Facebook Comments

1 Comment

Tinggalkan Balasan