Nuansa Alam Curug Mibah

Ikuti Kami

Sumber by TPK Desa Sindangasih
Sumber by TPK Desa Sindangasih

Sindangasih.desa.id “Curug Mibah sebenarnya bernama Curug Ciharuman, mengalir dari anak sungai Ciharuman yang bernama Curug Abang. Tapi oleh kebanyakan orang, curug ini lebih dikenal dengan nama Curug Mibah. Curug Mibah terbentuk dari titik air terjun Gunung Asepan yang mengali ke Ciharuman dan anak sungai Ci Lumer . Curug Abang Dapat Terlihat Dengan Jelas sedangkan Curug Mibah agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke timur. Masing-masing air terjun mempunyai ketinggian sekitar 4 meter dan 35 M dengan lebar tebingnya sekitar 100 m.

Berkunjung ke Curug Mibah sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena bias sinar matahari yang baru terbit akan tercipta dengan jelas dari butir-butir halus cipratan air terjun. Sebaiknya menggunakan jasa pemandu yang tersedia agar tidak tersesat karena untuk menuju lokasi curug ini tidak ada petunjuk jalan. Untuk Saat ini Tidak Ada Jasa Pemandu.
Di kawasan ini juga terdapat curug yang lain yaitu Curug Ciung dan Curug Cukang Lemah yang berjarak tempuh ± 50 menit atau sekitar 5 km dari Kantor kepala Desa Sindangasih.
“Kepala Urusan Perencanaan Desa Sindangasih Bapak Budi Kusnandar menetapkan Curug Abang dan Curug Mibah yang berada di Kampung Jogjogan Tenjolaya, sebagai destinasi wisata Sindangasih yang harus segera di promosikan sebagai tempat wisata lokal yang menarik untuk di kunjungi. Keindahan air terjun tersebut diyakini akan menarik Jika di kelola dengan baik dan benar.

Curug Abang dan Curug Mibah merupakan objek wisata yang indah dan menarik. Karenanya, Pemerintah Desa Sindangasih akan menjadikan tempat itu sebagai destinasi wisata Unggulan Lokal, bersama Curug Dengdeng di kampung mekarharuman, Guha Gedebong di Kampung Tenjolaya dan situs Sejarah-sejarah lokal lainnya. “Dari tempat tempat wisata lokal tersebut, kita punya tiga destinasi wisata unggulan, yakni Curug Mibah, curug Abang, dan Curug Dengdeng,”

“Air terjun di Curug Mibah tersebut memiliki daya tarik yang luar biasa dan meras tenang dengan nuansa Alam yang Masih Alami. Para pengunjung akan dibuat betah berada di tempat wisata alam tersebut,”

Untuk mempromosikan destinasi wisata di Desa Sindagasih, Kasi perencanaan melakukan sosialisasi tempat wisata Yang di ekspose di media massa elektronik. Dengan harapan, lokasi wisata yang indah di Desa Sindangasih itu dikenal masyarakat luas. “Bahkan, Pemuda di kamupung jogjogan tersebut ikut aktif mempromosikan wisata di media sosial,” ungkapnya.

Menurutnya, tidak hanya Curug Mibah, Curug Abang, dan Curug Dengdeng. Tapi, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi masyarakat dari berbagai Tempat yang alamnya masih perawan.

Dan tahun ini, Kita optimistis, Tempat wisata lokal tersebut bisa di kunjungi dengan akses jalan yang ringan untuk semua orang ” ungkapnya.

Banyak potensi wisata di Desa Sindangasih yang belum tergali secara optimal. Karenanya, Pemerintah Desa Sindangasih terus berupaya untuk menata tempat wisata di Wilayah tersebut supaya diminati wisatawan . Apalagi, tempat wisata alam di Desa Sindangasih tidak kalah dengan destinasi wisata di daerah lain di Kecamatan Cikatomas. “Obyek Wisata di Desa Sindangasih harus dikembangkan sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat yang ada di Sekitar nya.

Lokasi

Kampung Tenjolaya, Desa Sindangasih , Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat.

Aksesbilitas

Berjarak tempuh sekitar 5 kilometer dari Desa sindangasih , 15 kilometer dari Jalan Raya , 51 kilometer dari Kabupaten Tasikmlaya ,. Umumnya perjalanan menuju Curug Mibah diawali dari Jalan Raya Cikatomas yang memakan waktu tempuh sekitar satu jam (berjarak tempuh sekitar 15 km) dengan kendaraan roda dua atau empat hingga  perjalanan dapat di Lalui dengan  kondisi jalan yang berliku dan beraspal baik, namun di akhir perjalanan akan ditemui kondisi jalan mulai berbatu namun perjalanan akan mengasikan.

1 Comment

Tinggalkan Balasan